Tata Cara Sholat Tahajud Beserta Manfaat Spiritual yang Mengagumkan

Sholat Tahajud merupakan salah satu sholat sunnah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah Saw. Maka dari itu pelaksanaannya dihukumi sunnah muakkad. Sholat tahajud memiliki keutamaan tersendiri dalam kaidah ajaran Islam.

Hal tersebut disebabkan karena sholat tahajjud dilaksanakan pada malam hari setelah bangun tidur. Dan sangat dianjurkan pada waktu sepertiga malam, bertepatan sebagai waktu para malaikat turun ke Bumi.

Pada akhir waktu sepertiga malam ini pula, Allah Swt berjanji dalam firmannya hendak mengabulkan doa-doa yang dipanjatkan oleh siapa saja dialam raya. Dan demi melaksanakan tahajudnya ia bersedia bangun untuk mengharap rahmat Alloh Swt.

Tata cara pelaksanaan sholat tahajjud sama dengan sholat yang lain pada umumnya. Hanya saja, dalam tata cara sholat Tahajjud ini dibutuhkan kesungguhan dan niat yang benar.

Karena dalam tuntunan sunnah, sholat Tahajud harus dikerjakan pada waktu malam hari. Sementara sebagian besar manusia sedang nikmat terlelap dalam tidurnya dan mungkin sangat susah melaksanakan sholat Tahajjud.

Jika sobat islamiy rajin mengerjakan sholat tahajud, maka kalian akan mendapatkan banyak sekali manfaat spiritual maupun emosional dari sholat Tahajjud tersebut.

Tentang manfaat sholat Tahajud banyak diungkapkan dalam Alquran maupun hadits. Mengingat begitu dahsyatnya manfaat sholat tahajjud tersebut, maka sudah seharusnya umat Islam mempelajari tata cara beserta apapun yang tersirat dibalik anjuran yang begitu ditekankan.

Disamping itu, Rasulullah Saw tak pernah sekalipun meninggalkan kesempatan melaksanakan sholat tahajud setiap malam. Karena beliau mengetahui secara detail manfaat sholat tahajjud yang begitu dahsyat dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagian kecil dari manfaat sholat tahajjud di antaranya adalah mengabulkan doa-doa yang dipanjatkan setelahnya dan membuka pintu rejeki bagi yang melaksanakannya. Tidak hanya itu saja, manfaat sholat tahajjud juga banyak untuk kesehatan fisik dan mental.

Sholat Tahajud Merupakan Sholat Istimewa

Sholat Tahajud, Sholat Istimewa

Sholat tahajud dalam bahasa arab disebut Sholatul Lail yang berarti sholat malam atau sholat yang dikerjakan pada waktu malam.

Malam waktu sholat tahajjud maksudnya adalah setelah sholat isya’ dengan syarat setelah tidur walau hanya terlelap sebentar saja.

Dan yang paling utama adalah waktu sepertiga malam sampai menjelang waktu subuh. Sepertiga malam tersebut adalah sepertiga malam akhir, yaitu sekitar pukul 01.00 – 04.00 sebelum masuk waktu subuh.

Ada pula sebagian ulama yang berpendapat bahwa melaksanakan sholat tahajjud tidak harus tidur dulu. Seandainya anda belum tidur dimalam hari dan berniat melaksanakan sholat tahajud juga tidak masalah.

Allah Swt menjanjikan banyak pahala bagi umat manusia yang bersedia bangun melaksanakan Sholat Tahajud.
Karena menurut pendapat mayoritas ulama, sholat pada malam hari dengan suasana yang tenang dan sunyi, maka akan menambah kekhusukan dan semakin dekat dengan Allah Swt dalam sholatnya.

Sesuai dengan firman Alloh dalam Al Quran tentang anjuran sholat tahajud, yaitu QS. As-sajdah:16-17. “Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya dan mereka selalu berdoa kepada tuhannya dengan penuh rasa takut dan harap, serta mereka mendermakan rizki yang Kami berikan.” (ayat 16).

“Tak seorangpun mengetahui berbagai nikmat yang telah menanti, yang indah dilihat sebagai balasan bagi mereka, atas apa yang telah mereka kerjakan.” (ayat 17).

Penjelasan tafsir surah Al Sadjah ayat 16 -17 tersebut menjelaskan tentang anjuran bagi orang-orang yang beriman, agar mereka mengurangi porsi tidur mereka.

Dianjurkan agar dapat bangun tirdur di waktu malam untuk melaksanakan shalat malam, berdoa kepada Allah agar diselamatkan dari ancaman api neraka dan bershodaqoh atas sebagian harta yang dikaruniakan karena Allah.

Manusia tidak akan tahu besarnya kebahagiaan dan kesenangan yang akan diberikan kepadanya di akherat kelak sebagai rahmat Alloh.

Allah Swt telah menjanjikan indahnya surga bagi mereka yang rajin melaksanakan sholat tahajud di waktu sepertiga malam. Keutamaan sholat tahajud sangat istimewa bagi umat muslim.

Waktu Sholat Tahajud

Waktu Shalat Tahajud
netsiana.com

Agar mempermudah dalam memahami kajian tentang waktu sholat tahajud. Kami sengaja memetakkan pembahasan waktu sholat tahajjud. Terdapat beberapa pembagian waktu yang sangat dianjurkan untuk melaksanakan sholat tahajud.

Waktu terbagi menjadi 3 bagian waktu malam, yaitu:

Sepertiga malam ke 1

Sholat tahajjud boleh dilakukan pada waktu sepertiga malam pertama. Waktu sepertiga malam pertama ialah setelah sholat Isya sampai dengan jam 22.30. Akan tetapi harus Diusahakan sholat tahajud dilakukan setelah tidur walaupun hanya sebentar.

Sepertiga malam ke 2

Kemudian sholat tahajjud juga boleh dilakukan pada waktu sepertiga malam kedua. Sholat tahajud di sepertiga malam kedua ialah antara pukul 22.30 sampai 01.30.

Sepertiga malam ke 3

Menurut mayoritas ulama waktu sepertiga malam yang ketiga inilah waktu yang paling utama untuk mengerjakan sholat tahajud.

Diwaktu inilah doa-doa yang dipanjakan akan langsung sampai dihadapan Alloh tanpa penghalang.Waktu sepertiga malam yang terakhir ini kisaran pukul 01.30 hingga sebelum masuk waktu subuh.

Apa yang melatar belakangi waktu ini sehingga difatwakan memiliki fadhilah dan keistimewaan tersendiri?
Sehingga seandainya hendak melaksanakan sholat tahajud pada waktu sepertiga malam terakhir ini memang sulit diterapkan.

Rupanya karena kebanyakan umat muslim susah bangun dari tidur di waktu ini. Disamping itu, waktu sepertiga malam terakhir adalah waktu yang mustajab untuk memanjatkan doa.

Jadi, setelah melaksanakan sholat malam atau sholat tahajjud, jangan lupa panjatkanlah doa untuk memohon rahmat kepada Allah.

Bacaan Niat

Niat Sholat Tahajud

Dalam mengawali semua aktifitas, umat islam diajarkan berniat yang baik sesuai tuntunan Rasulullah. Karena segala amal akan dinilai berdasarkan niatnya diawal, Begitu pula ketika hendak melaksanakan sholat tahajjud.

Disamping banyak sekali keutamaan dan keistimewaan yang dijanjikan. Kita tidak diajarkan berniat melaksanakan sholat tahajud dengan tujuan memperoleh salah satu dari keutamaan itu.

Karena kita diajarkan untuk beribadah dengan niatan hanya karena Alloh, bukan yang lain. Bahkan tidak diperbolehkan bertujuan agar rizki melimpah misalkan.

Bacaan niat sholat tahajud arab

اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ ِللهِ تَعَالَى

Bacaan niat sholat tahajud latin

“Ushollii sunnatat tahajjudi lillahi ta’alla.”

Terjemah niat sholat tahajud

“Aku berniat shalat sunat tahajud, karena Allah Ta’ala”

Sekali lagi kami himbaukan, bahwa niat merupakan kewajiban dalam hati, sementara jika sunnah hukumnya jika diucapkan setiap hendak melakukan sholat tahajjud, begitu pula sholat yang lain.

Tata Cara Lengkap

Tata cara atau rukun Gerakan maupun ucapan sholat tahajjud sama persis dengan sholat yang lain. Berikut kami sertakan panduan lengkap urutan rukun sholat tahajjud dari awal sampai salam yang bisa dijadikan pedoman:

Rakaat Pertama

  1. Niat sholat tahajjud dalam hati (sunnah diucapkan dan disertai jumlah raka’at).
  2. Takbirotul Ihram (sunnah sambil mengangkat tangan sejajar pundak).
  3. Membaca Doa Iftitah (sunnah dibaca tepat setelah bacaan takbir).
  4. Membaca surat Al-Fatihah.
  5. Membaca surat pendek atau sebagian surat dari Al Qur’an.
  6. Rukuk dengan tumakninah (sunnah membaca tasbih).
  7. I’tidal dengan tumakninah (sunnah membaca doa yang diajarkan).
  8. Sujud pertama dengan tumakninah (sunnah membaca tasbih).
  9. Duduk antara dua sujud (sunnah dengan membaca doa yang diajarkan).
  10. Sujud kedua dengan tumakninah (sunnah dengan membaca tasbih).
  11. Berdiri kembali untuk melanjutkan rakaat kedua.

Rakaat Kedua

  1. Membaca surat Al-Fatihah.
  2. Membaca surat pendek atau sebagian surat dari Al-Qur’an.
  3. Rukuk dengan tumakninah (sunnah dengan membaca tasbih).
  4. I’tidal dengan tumakninah (sunnah dengan membaca doa yang diajarkan).
  5. Sujud pertama dengan tumakninah (sunnah dengan membaca tasbih).
  6. Duduk antara dua sujud dan (sunnah dengan membaca tasbih).
  7. Sujud kedua dengan tumakninah (sunnah dengan membaca tasbih).
  8. Tasyahud akhir dan membaca bacaan tasyahud akhir.
  9. Salam dengan menengok ke kanan dengan batasan pipi terlihat dari belakang (sunnah menengok ke kiri) sambil membaca “Assalaamu ‘alaikum Warohmatullooh”.

Untuk bacaan dzikir dan doa yang tidak kami tuliskan, silahkan pelajari selengkapnya di artikel tentang Bacaan Sholat Lengkap.

Setelah selesai melaksanakan shalat tahajjud, disunnahkan untuk membaca dzikir atau wirid dan doa dengan merendahkan diri dan mengakui dosa diri sendiri.

Manfaat Dahsyat bagi Kesehatan

Manfaat Sholat Malam

Disamping banyaknya manfaat spiritual yang dijanjikan Allah Swt kepada orang-orang yang mau melaksanakan sholat tahajud. Seperti janji Allah berupa ampunan dan jalan keluar dari masalah yang tengah dihadapi.

Ada juga manfaat sholat tahajud bagi kesehatan tubuh dan emosional yang berkaitan langsung pada keseimbangan ruhani dan jasmani seseorang.

agar tak terlalu panjang lebar, mari kita pelajari bersama manfaat tersebut dalam ulasan sederhana yang telah kami rangkum dari berbagai sumber yang kredibel berikut ini.

Mengontrol Emosi

Tahukah anda? Kortisol yang tak kunjung menurun dapat beresiko depresi yang berlebihan. Maka dianjurkan untuk sujud dalam sholat tahajud.

Karena dengan bersujud di waktu inilah kortisol akan segera menurun, sehingga tingkat emosional menjadi lebih tenang dan stabil.

Ketenangan yang diperoleh tidak akan mengakibatkan seseorang mudah stres dan tidak mudah tertekan dengan segala permasalahan yang beresiko mengganggu kesehatan.

Mengatasi Diabetes

Menurut beberapa penelitian yang kredibel, disebutkan bahwa sujud pada waktu sholat tahajud dapat berpengaruh baik menjadikan kandungan kortisol dalam tubuh lebih rendah.

Kortisol sendiri memiliki manfaat untuk meningkatkan kandungan gula darah dengan merangsang metabolisme karbohidrat.  Apabila kortisol ini bertambah, maka kandungan gula darah dalam tubuh pun akan ikut naik.

Mengatasi resiko gagal Jantung dan Gagal Ginjal

Manfaat sholat tahajud bagi kesehatan selanjutnya ialah mengatasi pembengkakan pada organ jantung dan gagal ginjal. Sholat tahajud sangat dianjurkan bagi mereka yang menderita pembengkakan jantung juga bagi pasien gagal ginjal.

Seperti halnya diabetes, sholat tahajud dapat mengurangi kandungan kortisol. Ketika kortisol berkurang, maka tidak akan terjadi pembengkakan organ jantung, kemudian akan berdampak baik pada pembuangan urine yang semakin lancar dan mudah.

Kemoterapi Kanker Alami Tanpa Efek Samping

Manfaat sholat tahajud berikutnya adalah serupa kemoterapi kanker alami yang tidak memiliki efek samping sama sekali. Menderita penyakit kanker tentu bukan hal yang diharapkan oleh semua orang termasuk saya.

Tetapi, bagi yang orang mengidap penyakit kanker mau tak mau diharuskan menjalani serangkaian pengobatan kemoterapi yang tak sebentar. Oleh karena itu, manfaat sholat tahajud salah satunya adalah kemoterapi alami penyembuh penyakit kanker.

Mencegah Resiko Hipertensi dan Hipotensi

Salah satu manfaat sholat tahajjud yaitu berdampak baik bagi otak manusia. Pada waktu sholat tahajjud (sepertiga malam) otak manusia akan melepaskan serotonin, beta endorsin, dan melatonin. Lepasnya zat-zat tersebut akan menjadikan seseorang merasa jauh lebih tenang sampai homeostasis terbangun.

Namun, jika homeostasis tidak normal, seseorang akan mudah mengalami pening kepala dan bisa mengakibatkan hipertensi, hipotensi, juga tekanan darah rendah.

Maka dari itu, Sholat tahajud sangat dianjurkan untuk dijalani dengan kondisi senyaman mungkin. Tidak hanya itu, keseimbangan pada tubuh juga akan lebih terbangun dan membuat resiko hipertensi dan hipotensi menurun secara otomatis.

Terhindar dari ISPA (Infeksi Pernapasan)

Manfaat sholat tahajjud untuk terapi kesehatan berikutnya adalah terhindar dari infeksi pernapasan atau yang sering disebut ispa.

Sholat tahajjud sangat baik untuk terapi pernapasan. Karena gerakan sholat Tahajud dan waktu pelaksanaannya menjadi terapi yang sangat baik untuk menyembuhkan dan mencegah resiko infeksi pernapasan.

Melancarkan Aliran Darah

Manfaat sholat tahajjud untuk kesehatan berikutnya ialah melancarkan aliran darah pada seluruh tubuh. Seperti yang telah diketahui bahwa salah satu pembagian waktu sholat tahajjud adalah dilakukan pada 1/3 malam yaitu sekitar pukul 3 dini hari.

Pada waktu tersebut, udara belum tercemar alias bersih yang dapat menyehatkan paru-paru sebagai organ pernapasan, kemudian melancarkan peredaran darah seluruh tubuh, serta menyehatkan tubuh.

Disamping itu, dengan melaksanakan sholat tahajjud, sama saja kita melakukan senam di pagi hari. Pada saat itu seluruh otot tubuh ikut bergerak sehingga aliran darah menjadi lebih lebar dan lancar.

Meningkatkan Imun Kekebalan Tubuh

Manfaat sholat tahajjud bagi kesehatan selanjutnya adalah dapat meningkatkan imun yang bekerja untuk kekebalan tubuh. Juga menjaga tubuh dari serangan semua penyakit.

Jika kita sering mengerjakan sholat malam atau tahajjud, maka akan berdampak membuat kekebalan tubuh semakin kuat. Seorang profesor yang ahli dibidangnya telah melakukan kajian mendalam tentang hal ini.

Profesor Dr. Mohammad Shaleh yang melakukan penelitian tentang sholat malam ini menyebutkan bahwa mengerjakan sholat malam sangatlah berdampak baik bagi kesehatan.

Wajah Tampak Bercahaya (Glowing)

Rajin sholat tahajjud dapat membuat wajah tampak cerah bercahaya. Hal ini diungkapkan oleh ulama’ ternama Hasan Al Basri yang ditanya oleh seseorang tentang mengapa wajah seseorang yang sering melaksanakan sholat Tahajud memiliki muka yang tampak bersinar.

Beliau menjawab:” Karena mereka sudah menyendiri bersama Tuhan-nya pada malam hari, kemudian Allah bersedia memberikan mereka sebagian dari cahaya-Nya.” (cuplikan kitab Al-Maqrizi, Mukhtazar Qiyaamallail)

Tips Agar Tahajud Terasa Ringan

  1. Sempatkan tidur siang walau sebentar agar saat malam tiba tidak terlalu berat bangun.
  2. Biasakan wudhu’ atau cuci muka sebelum tidur.
  3. Usahakan pula bersiwak atau sikat gigi sebelum tidur.
  4. Sebisa mungkin bebaskan pikiran dari hal-hal duniawi.
  5. Ringankan hati dengan memaafkan semua kesalahan orang lain.
  6. Mintalah ampun atau istighfar kepada Allah atas dosa-dosa yang telah terlanjur diperbuat.
  7. Bacalah surat Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Nas.
  8. Jika tak memberatkan, baca juga ayat kursiy.
  9. Setelah semua itu, berniatlah untuk melaksanakan tahajud jika terbangun.
  10. Jika ditakdirkan bangun, bangkitlah duduk dan segera ambil air wudhu’.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai sholat tahajjud beserta manfaat spiritual dan emosional yang mengagumkan. Semoga dapat memperluas wawasan kita semua mengenai islam dan ajarannya. Aamiin…

BACA JUGA:

Tinggalkan komentar