Kultum Singkat

Kultum Singkat

Assalamu ‘Alaikum Warohmaatulloh Wabarokaatuh

الْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ, وَالصَّلاَةُ والسَّلاَمُ عَلَى أَشْرَفِ الْأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ, سَيِّدِنَا وَ مَوْلَنَا مُحَمَّدٍ, وَعَلَى أَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ. أَمَّا بَعْد

Hadirin rahimakumullah,

Marilah kita tingkatkan takwa kita kepada Allah Swt. serta berpegang teguh dengan ajaran yang telah disyariatkan Allah Swt. kepada kita semua, yaitu agama yang lurus yakni agama Islam.

Mari kita bersyukur kepada Allah Swt. atas segala anugerah yang telah diberikan kepada kita dan senantiasa berpegang teguh pada nilai-nilai yang dapat menjadikan kita semakin takwa kepada Allah Swt.

Jangan sampai, kita merasa aman dari adzab Allah Swt. yang bisa datang tanpa terduga-duga. Sebab, sesungguhnya tidak ada yang merasa aman dari adzab Allah Swt kecuali orang-orang yang merugi. Allah Swt. berfirman:

أَفَأَمِنُوْا مَكْرَ اللَّهِ فَلاَ يَأْمَنُ مَكْرَ اللَّهِ إِلاَّ الْقَوْمُ الْخَاسِرُوْنَ

Artinya: “Maka apakah mereka merasa aman dari azab Allah (yang tidak terduga-duga)? Tiada yang merasa aman dari azab Allah kecuali orang-orang yang merugi. (Q.S. al-A’raf: 99)

Hadirin yang berbahagia,

Perlu kita ketahui bahwa bergantinya siang dan malam, bulan serta tahun, itu semua mengingatkan bahwa jatah usia kita semakin menipis, sekaligus pertanda bahwa cepat atau lambat kita pasti akan segera tercerabut dari kehidupan fana di dunia ini.

Oleh sebab itu, amatlah penting bagi kita untuk merenungi kembali apa saja yang telah kita perbuat sepanjang hidup kita. Perlu kita ketahui bahwa kita diciptakan oleh Allah tidak untuk mengumpulkan harta, meramaikan tempat tinggal yang binasa, dan tidak untuk semata memperpanjang angan-angan.

Namun, kita diciptakan oleh Allah Swt. Muthlak hanya untuk menyembah kepada-Nya. Sebagaimana firman Allah Swt.:

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُوْنَ

Artinya: “Tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepadaku.” (QS. adz-Dzâriyât: 5), Allah Swt telah memberi akal kepada kita agar kita mengesakan-Nya. Allah Swt. menurunkan al-Qur’an supaya kita mengikutinya. Dan, Allah Swt. menggutus Rasul agar kita semua senantiasa menaati-Nya.

Oleh kerena itu, marilah kita bangkitkan diri kita untuk malaksanakan apa-apa yang kita diciptakan untuknya, yaitu beribadah kepada Allah Swt. Karena, setiap orang yang beramal baik pasti akan dibalas sesuai dengan amalnya.

Hadirin rahimakumullah,

Sesungguhnya masa muda akan berganti dengan masa tua, keadaan sehat akan berganti dengan sakit, dan kehidupan akan berganti dengan kematian. Karenanya, marilah kita pergunakan masa muda sebagai bekal masa tua kita, hidup kita sebagai bekal mati kita, sebelum kita masuk ke dalam liang lahat.

Di situlah penyesalan besar akan muncul dan musibah dahsyat akan terjadi. Marilah kita mempersiapkan diri menghadapi hari dimana kita akan dikembalikan kepada Allah Swt.

Oleh karena itu marilah kita tingkatkan ketakwaan kita kepada AllahSwt. Kemudian setiap orang akan mendapatkan balasan sesuai amal yang telah ia kerjakan.

Cukup sekian yang dapat saya sampaikan dalam kesempatan kali ini. Semoga kita semua diberikan kesehatan dan kesempatan untuk melanjutkan materi kultum singkat esok hari. Akhir kata:

إِهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْم

Assalaamu ‘Alaikum Warohmaatulloh Wabarokaatuh

BACA JUGA:

Tinggalkan komentar