Kultum Singkat Tentang Taubat

Kultum Singkat Tentang Taubat

Assalamu ‘Alaikum Wa Rohmatulloh Wa Barokaatuh

الحمد لله الّذي أوجد جميع الكائنات من عدم وأنشئاها

اللّهمّ صلّ وسلّم على عبدك ورسولك محمّد الّذي قرّر قواعد الملّة وشيّد بناها

وعلى اله وأصحابه خير الامّة وأتقاها وأعلمها وأهداها. أمّا بعد

Hadirin rahimakumullah,

Marilah kita tingkatkan takwa kita kepada AllahSwt. dengan senantiasa melaksanakan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Perlu kita ketahui bahwa perbuatan dosa bisa menghilangkan nikmat dan mendatangkan  kehinaan, baik di dunia maupun di akhirat.

Sebab itu, patut kiranya kita menghawatirkan terhadap akhir hidup yang jelek dari perbuatan dosa yang kita lakukan. Karenanya, mari kita bergegas untuk bertaubat dengan taubat yang sungguh-sungguh, sebelum nyawa kita diambil pada masa yang telah ditetapkan oleh Allah Swt.

Mari kita bersihkan jiwa kita dari segala perbuatan dosa dan menimpahnya dengan melakukan amal-amal yang baik. Sungguh beruntung orang-orang yang membersihkan jiwanya dengan amal sholih dan sungguh merugi orang-orang yang mengotori jiwanya dengan perbuatan dosa.

Sebagaimana firman Allah Swt.:

قد أفلح من زكّاها. وقد خاب من .دسّاها

Artinya: “Sesungguhnya beruntunglah orang yang mensucikan jiwa itu. Dan Sesungguhnya merugilah orang yang mengotorinya.” (Q.S. Asy-Syams: 9-10)

Hadirin yang berbahagia,

Perlu kita ingat bahwa kita semua akan dikumpulkan pada hari dimana Allah Swt. Akan mengumpulkan umat-umat terdahulu hingga umat yang terakhir. Setiap dari kita tidak akan melihat sesuatu apa pun dari arah kanan, kiri, depan dan belakang, kecuali apa yang telah diperbuat ketika didunia.

Pada hari itu, akan diletakkan pula timbangan yang adil yang akan menghitung semua amal, baik atau buruk, kecil maupun yang besar. Saat itu kita juga akan menyaksikan seluruh amal perbuatan kita di dunia, meskipun hanya sekecil semut budak.

Setiap kedzaliman akan dibalas dengan kehinaan, baik kedzaliman yang besar maupun yang kecil. Kemudian setelah itu, kita akan masuk ke dalam tempat yang penuh dengan nikmat yang abadi atau justru masuk ke dalam tempat siksaan yang mengerikan.

Dan barangsiapa yang dimasukkan kedalam surga, maka sungguh ia sangat beruntung. Allah Swt berfirman:

كلّ نفس ذائقة الموت وإنّما توفّون أجوركم بوم القيامة فمن زحزح عن النار وأدخل اجنّة فقد فاز

Artinya: “Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barang siapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung.” (Q.S. Ali ‘Imran: 185)

Hadirin rahimakumullah,

Oleh karena itu, marilah kita tingkatkan takwa kita kepada Allah Swt. dengan meningkatkan amal ibadah kita. Jangan sampai, kita terbujuk oleh tipu daya dunia. Karena Allah Swt. telah melarang kita untuk terbujuk oleh dunia, supaya kita tidak merugi baik di dunia maupun di akhirat.

Demikianlah kultum singkat tentang taubat yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga kita semua diberikan kesehatan dan kesempatan oleh Alloh Swt agar dapat menghadiri acara kultum selanjutnya. Akhir kata:

والله الموافق الى أقوم الطّريق

Assalamu ‘Alaikum Wa Rohmatulloh Wa Barokaatuh

BACA JUGA:

Tinggalkan komentar