Kultum Singkat Tentang Syukur

Contoh Kultum Singkat Tentang Syukur:

Assalamu ‘Alaikum Wa Rohmatulloh Wa Barokaatuh

الحمد لله الذي أذهب الباس, أشكره على نعم مختلفة الأنواع والأجناس. اللهم صل وسلم على عبدك ورسولك محمد وعلى اله وأصحابه البررة الأكياس. أما بعد

Hadirin rahimakumullah,

Marilah kita tingkatkan takwa kita kepada Allah Swt. dengan senantiasa  melaksanakan perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Karena sesungguhnya takwa kepada Allah adalah kunci utama yang dapat mengantar kita pada jalan keselamatan.

Mari kita berpegang teguh pada nilai-nilai yang telah ditanamkan oleh para ulama’ salaf serta bersyukur kepada Allah Swt. atas nikmat yang telah diberikan kepada kita. Jika kita mau bersyukur, maka Alloh akan melipat gandakan nikmat-Nya kepada kita semua.

Sebagaimana firman Allah Swt. :

لئن شگرتم لأزيدنكُم ولين كفرثم إن عذابي لشديد

Artinya: “Jika kalian bersyukur niscaya akan Aku tambahkan dan jika kalian mengkufuri maka sesungguhnya adzab-Ku sangat pedih.” (Q.S. Ibrahim:7)

Hadirin yang berbahagia,

Seringkali kita  memperoleh nikmat berupa kebahagiaan dengan mengikuti junjungan kita, Baginda Rasulullah Saw. dan mengalahkan orang-orang fasiq yang telah keluar dari syariatnya. Diantara nikmat Allah yang besar adalah Allah Swt. tidak mempersulit kita dalam masalah agama.

Allah Swt. berfirman:

وما جعل عليكم في الدين من حرج

Artinya: “Allah tidak menjadikan kesulitan bagi kalian dalam agama.” (Q.S. al-Hajj: 78)

Hadirin rahimakumullah,

Tidak ada seorang pun yang hendak berbuat jelek kepada kita, kecuali Allah Swt. Mengembalikan kejelakan itu kepadanya. Dan, tidak ada seorang pun yang membangun tipu daya terhadap kita, kecualiAllah Swt. akan merobohkan dari pondasinya.

Oleh karena itu, marilah kita berusaha agar menjadi golongan orang-orang yang bersyukur ketika mendapatkan nikmat, bersabar ketika mendapatkan musibah dan menginfaqkan rezeki yang diberikan Allah Swt., baik dalam kondisi senang maupun susah.

Jangan sampai kita menjadi golongan orang-orang yang membalas nikmat allah dengan kekufuran. Demikianlah kultum singkat tentang syukur yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga kita semua diberikan kesehatan dan kesempatan untuk hadir pada kultum berikutnya. Aamiin

وَللَّهُ الْجَزِيْلُ الْهَادِى اِلَى أَقْوَامِ السَّبِيْل

Assalamu ‘Alaikum Wa Rohmatulloh Wa Barokaatuh

BACA JUGA:

Tinggalkan komentar